Press "Enter" to skip to content

Potensi Bahaya di Tempat Kerja

0 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

Identifikasi faktor-faktor bahaya di tempat kerja  harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja. Setiap tempat kerja tetap memiliki kandungan beberapa potensi bahaya di tempat kerja yang bisa memengaruhi kesehatan tenaga kerja atau bisa mengakibatkan munculnya penyakit karena kerja.

Keselamatan kerja harus dipahami dengan baik. Baik berupa menggunakan peralatan yang sesuai standar, memahami aturan yang berlaku, tidak ceroboh, dan lainnya. Bagaimana potensi bahaya di tempat kerja itu bisa terjadi?

Potensi Bahaya di Tempat Kerja

Potensi bahaya ialah semua hal yang punya potensi mengakibatkan terjadinya kerugian, kerusakan, cidera, sakit, kecelakaan atau bahkan juga bisa menyebabkan kematian yang terkait dengan proses serta skema kerja.

Melalui undang-Undang No 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja pada Masalah 1 mengatakan jika tempat kerja adalah setiap ruang atau lapangan, tertutup atau terbuka, berjalan atau masih, di mana tenaga kerja, atau yang seringkali dimasuki tenaga kerja untuk kepentingan suatu usaha serta di mana ada sumber-sumber bahaya.

Termasuk juga tempat kerja adalah semua ruang, lapangan, halaman serta sekelilingnya yang disebut beberapa bagian atau yang terkait dengan tempat kerja itu.

Potensi bahaya memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serta kerugian pada : 1) manusia yang berbentuk langsung ataupun tidak langsung pada pekerjaan, 2) property termasuk juga peratan kerja serta mesin-mesin, 3) lingkungan, baik lingkungan di perusahaan ataupun di luar perusahaan, 4) kualitas produk barang serta layanan, 5) nama baik perusahaan.

Baca juga: Siapkan Alat-alat Konveksi Baju Berikut Sebelum Mulai Usaha Garmen

Ergonomi dan K3 Internasional

Potensi Bahaya di Tempat Kerja

ILO memprediksi jika setiap tahun seputar 24 juta orang meninggal dunia karena kecelakaan serta penyakit di lingkungan kerja termasuk juga did alamnya 360.000 kecelakaan fatal serta diprediksikan 1,95 juta dikarenakan oleh penyakit fatal yang muncul di ligkungan kerja.

Hal itu bermakna jika di akhir tahun hampir 1 juta pekerja akan alami kecelakaan kerja serta seputar 5.500 pekerja wafat karena kecelakaan atau penyakit di lingkungan kerja.

Dalam pemikiran ekonomi, 4% atau sejumlah USD 1,25 Trilyun dari Global Gross Domestic Prodct (GDP) dialokasikan untuk cost dari kehilangan waktu kerja karena kecelakaan serta penyakit di lingkungan kerja, kompensasi untuk beberapa pekerja, terhentinya produksi, serta biaya-biaya penyembuhan pekerja.

Potensi bahaya di tempat kerja diprediksikan mengakibatkan 651.000 angka kematian, terpenting di beberapa negara berkembang. Bahkan juga angka itu mungkin bisa semakin besar kembali bila skema laporan serta pemberitahuan nya lebih baik.

Data dari beberapa beberapa negara Industri tunjukkan jika beberapa pekerja konstruksi mempunyai potensi wafat karena kecelakaan kerja 3 sampai 4 kali semakin besar.

Penyakit paru paru yang terjangkit pada beberapa pekerja di perusahaan minyak & gas, pertambangan, serta perusahaan perusahaan semacam, menjadi karena paparan asbestos, batu bara serta silica, masih tetap jadi perhatian di negara negara maju serta berkembang. Bahkan juga kematian karena kecelakaan kerja dari paparan asbestos saja telah sampai angka 100.000 serta tetap makin bertambah setiap tahunnya.

Jika hal ini dibiarkan, maka sama saja dengan membiarkan adanya kematian dan pembunuhan sunyi dalam ranah pekerjaan. Kasus yang paling banyak terjadi adanya kecelakaan kerja adalah di tingkat industry (pabrik) dan konstruksi.

Dengan berbagai kasus yang ada, harusnya pihak perusahaan maupun individu memahami dengan baik bagaimana prosedur keselamatan kerja itu penting. Jika mengabaikan mengenai keselamatan di tempat kerja, tentunya akan merugikan banyak pihak. Alat safety begitu penting untuk keamanan kerja, bahkan penggunaan alat safety di wajibkan di beberapa pekerjaan. Alat safety begitu mudah di temukan di toko alat safety online bahkan offline. Namun biasanya alat safety sudah di sediakan di tempat kerja.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %