Press "Enter" to skip to content

Kuliner Tradisional Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

Bengkulu menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Sumatera. Selain menyajikan pemandangan yang masih alami, di Bengkulu juga menyediakan kekayaan kuliner tradisional khas Bengkulu yang wajib dicoba.

Penasaran apa saja kuliner khas Bengkulu yang terkenal? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kuliner Tradisional Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba

Lempuk Durian

Kuliner Tradisional Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba

Durian menjadi salah satu buah yang banyak ditemukan di Bengkulu. Maka tak heran jika banyak olahan kuliner khas Bengkulu berbahan dasar Durian. Misalnya adalah lempuk durian yang populer.

Lempuk durian adalah olahan makanan khas Provinsi Bengkulu yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum dan buah durian. Makanan satu ini banyak ditemukan di toko oleh-oleh maupun di penjual pinggir jalan.

Kue Tat

Kuliner Tradisional Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba

Berwisata ke Bengkulu belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kue tat. Kuliner tradisional Khas Bengkulu ini tergolong makanan yang mewah karena dulu kue ini hanya disajikan untuk Raja dan kalangan ningrat saja lho.

Sekarang, makanan satu ini sudah banyak dijual di toko-toko atau disajikan oleh Masyarakat Bengkulu di kala hari raya Idul Fitri.  Kue khas Bengkulu ini juga disajikan dalam ukuran kecil seperti biskuit dan dikenal dengan nama Kue Anak Tat. Dengan cita rasa manis, gurih, dan empuk, pastinya akan membuat lidah bergoyang.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Alat Press Body Motor Berkualitas Di Indonesia

Pendap

Salah satu kuliner wajib yang dicoba ketika ke Bengkulu adalah Pendap. Pendap adalah makanan tradisional masyarakat Bengkulu berbahan dasar ikan yang dikombinasikan dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda.

Makanan ini disajikan dengan bungkusan daun talas. Kuliner khas Bengkulu ini akan sangat nikmat dimakan bersama dengan nasi putih hangat. Sudah terasa lapar?

Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang adalah salah satu makanan tradisional khas Bengkulu yang populer, apalagi di Kabupaten Mukomuko. Gulai jenis ini dibuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Kamu akan banyak menemukan makanan tradisional khas Bengkulu ini di waktu lebaran atau Bulan Ramadhan.

Cita rasa yang gurih dengan bumbu yang kaya tentu saja akan membuat perut keroncongan ketika mencium aromanya.

Bagar Hiu

Mendengar namanya tentu agak sedikit kaget bukan? Makanan ini memang terbuat dari daging hiu lho, tepatnya adalah Hiu Tanduk. Olahan ini siap disantap dan disajikan nikmat diatas piring dengan bumbu cabai dan rempah lainnya.

Kabarnya, ketika Presiden Sukarno diasingkan pada tahun 1938 hingga 1942, Bagar Hiu adalah salah satu makanan tradisional khas Bengkulu favorit Presiden, lho!

Kue Lepek Biniti

Jika dilihat sekilas, kuliner tradisional khas Rejang Lebong ini memiliki bentuk mirip kue tradisional Nagasari. Tetapi, bahan yang digunakan berbeda. Kue Lepek Biniti ini terbuat dari tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas dan bahan-bahan lainnya.

Dengan rasa yang gurih, kuliner tradisional ini wajib dicoba ketika datang ke Bengkulu.

Rebung Asam Undak Liling

Kuliner tradisional khas Bengkulu paling mantap dan digemari ini terbuat dari keong hitam dan bambu muda yang biasa disebut rebung.

Proses pembuatannya cukup lama dan masih tradisional karena harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah direndam, rebung tersebut akan dimasak bersama liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah. 

Lemang Tapai

Salah satu kuliner tradisional yang wajib dicoba ketika di Bengkulu adalah lemang tapai. Lemang tapai adalah makanan tradisional khas Bengkulu yang berbahan dasar beras ketan dan santan.

Setelah Lemang matang dengan cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda, tapai ketan hitam dibubuhkan sebagai pelengkap penyajian. Selain dengan tapai, lemang ini bisa dinikmati dengan durian lho.

Gulai Pisang

Gulai biasanya menggunakan daging dalam olahannya. Lalu bagaimana jika bahan dasar yang digunakan adalah pisang? Ya di Bengkulu, gulai pisang menjadi salah satu kuliner tradisional yang wajib dicoba dengan cita rasa unik. 

Gulai pisang ini diolah dengan keahlian khusus dan menghasilkan rasa manis dan gurih yang pas. Tertarik untuk mencobanya?

Demikian tadi beberapa referensi berita bengkulu tentang kuliner khas Bengkulu yang wajib dicoba. Mana yang paling lezat menurutmu?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %