Press "Enter" to skip to content

Siapkan Alat-alat Konveksi Baju Berikut Sebelum Mulai Usaha Garmen

Alat-alat konveksi baju perlu disiapkan dengan rinci sebelum memulai usaha di bidang garmen. Mempunyai alat yang lengkap dan modern memberikan banyak keuntungan. Kualitas jahitan lebih rapi dan proses menjahit lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu.

Usaha di bidang konveksi cukup menguntungkan, namun Anda harus memiliki alat-alat canggih yang mendukung produksi untuk menjamin kualitasnya. Berikut alat-alat garmen yang harus disiapkan saat Anda memutuskan untuk membuka usaha di bidang konveksi.

Alat-alat Konveksi Baju yang Harus Disiapkan dalam Bisnis Konveksi

Memiliki alat-alat konveksi baju yang lengkap akan sangat mendukung kelancaran kegiatan produksi. Sebelum memulai usaha di bidang konveksi, siapkan alat-alat berikut ini:

Mesin Jahit High Speed

Bagi pelaku usaha konveksi kaus, mesin jahit high speed adalah alat konveksi kaos yang wajib dimiliki. Mesin jahit ini memiliki kemampuan yang berbeda dengan mesih jahit rumahan biasa.

Menggunakan dinamo yang sangat besar, mesin jahit high speed mampu menghasilkan jahitan sebanyak 5000 jahitan per menit. Memiliki mesin jahit ini sebagai alat-alat konveksi baju sangat mendukung kecepatan produksi konveksi Anda.

Mesin Potong Kain

Mesin potong kain digunakan untuk proses cutting kain dalam jumlah banyak dan dengan waktu yang bersamaan. Selain dapat mempersingkat waktu, hasil potongnya juga lebih simetris dan akurat bila dibandingkan dengan hasil potong secara manual.

Sebagai alat-alat konveksi baju, mesin potong kain memiliki aneka jenis. Beberapa alat potong kain yang sering digunakan adalah straight cutter, band knife, round cutter, die cutting press, dan laser cutting.

Pilihlah mesin potong yang sesuai dengan jenis usaha konveksi yang Anda jalankan. Hal ini untuk menhindari pemborosan untuk investasi alat yang ternyata tidak digunakan

Baca juga: Tips Memilih Jasa Alat Press Body Motor Berkualitas Di Indonesia

Mesin Jahit Obras Benang 5

Mesin obras digunakan untuk menjahit dan mengunci sisa lipatan kain yang masih tampak kurang rapi. Usaha konveksi lebih seering menggunakan mesin obras benang 5 daripada benang 3 atau 4.

Mesin obras benang 5 lebih efisien dalam penggunaannya karena sangat fleksibel. Hal ini disebabkan karena mesin ini dapat berfungsi sebagai mesin obras benang 3 maupun mesin obras benang 4.

Setrika Uap Listrik

Salah satu alat-alat konveksi baju yang wajib dimiliki dalam bisnis konveksi adalah setrika uap. Alat ini berfungsi untuk menghaluskan bahan dan hasil jahitan agar lebih rapi. Setrika uap dipilih karena menghasilkan panas yang kuat dibanding menggunakan sterika biasa.

Setrika uap tidak meninggalkan noda gosong pada kain seperti saat Anda menggunakan setrika biasa walaupun diatur dengan ukuran panas maksimal. Hal ini disebabkan karena panas yang dihasilkan oleh setrika uap berasal dari uap yang dihasilkan dari pemanasan air.

Setrika uap listrik aman digunakan dibanding setrika uap berbahan bakar gas. Sayangnya, harga alat konveksi ini cenderung lebih mahal dan daya listrik yang dibutuhkan juga cukup besar.

Setrika Uap Bahan Bakar Gas

Setrika uap dengan bahan bakar gas lebih sering digunakan karena harga dan biaya perawatannya lebih terjangkau dibandingkan setrika uap listrik. Tekanan yang dihasilkannya juga lebih kuat dibanding setrika uap listrik.

Mesin Pres Uap

Mesin pres uap berfungsi sama dengan setrika uap. Alat-alat konveksi baju ini memiliki kelebihan yaitu, tingkat presisi dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan setrika uap.

Mesin pres sangat dibutuhkan saat melakukan pengepresan lapisan kain keras pada kerah kemeja maupun bagian lainnya.

Mesin Jahit Lubang Kancing

Tidak semua usaha konveksi memiliki mesin jahit lubang kancing karena harganya yang mahal. Penggunaan mesin ini juga sangat terbatas.

Perusahaan konveksi hanya menggunakan mesin ini saat memproduksi kaus polo. Mesin jahit lubang kancing digunakan untuk membuat lubang kancing sekaligus memotong benang sisa pekerjaannya.

Mesin Jahit Pasang Kancing

Mesin jahit pasang kancing berfungsi untuk memasang kancing secara otomatis setelah dibuatkan lubang kancing. Mesin ini dapat bekerja pada kancing yang memiliki minimal dua lubang di bagian tengahnya.

Pada kenyataannya tidak semua perusahaan konveksi mempunyai mesin ini, walaupun memilikinya tentu akan lebih mempersingkat waktu pengerjaan daripada memasang kancing secara manual.

Mesin Pres Kancing

Mesin ini digunakan untuk memasang kancing baju yang menggunakan model kancing bungkus dan kancing jepret. Mesin akan menekan kancing ke arah bahan sehingga terpasang dengan kuat.

Mesin Jahit Serbaguna

Mesin jahit serbaguna ini dapat digunakan untuk menggantikan beberapa fungsi mesin konveksi. Mesin ini dapat memasang lubang kancing dan memasang kancing. Dia juga berfungsi menjahit lipatan pergelangan kaki, menjahit biasa, variasi, bahkan bordir manual.

Meski serba guna, sayangnya mesin ini memiliki kekuatan dinamo yang kecil sehingga membutuhkan proses yang lebih lama dibanding mesin jahit konveksi lainnya.

Demikian ulasan tentang alat-alat konveksi baju yang harus dimiliki sebelum membuka usaha konveksi. Adanya alat-alat tersebut akan mempermudah produksi dalam jumlah yang besar dan menghemat waktu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *